Wujudkan Masyarakat Desa Informasi

Tingkatkan Kualitas Pelayanan & Data Kependudukan, Pemdes Jurangjero Gunakan Sistem Informasi Desa (SID)

Tingkatkan Kualitas Pelayanan & Data Kependudukan, Pemdes Jurangjero Gunakan Sistem Informasi Desa (SID)
Jurangjero - Sudah lama pelayanan surat menyurat kependudukan di lingkungan Pemerintah Desa (Pemdes) Jurangjero sudah dilakukan dengan komputer, akan tetapi kegiatan input data masih manual, sehingga sangat dimungkinkan ketidakakuratan data. Oleh karena itu saat ini pemdes Jurangjero berinisiatif untuk memasang aplikasi kependudukan yang berbasis web yang memberikan kemudahan pencarian informasi penduduk dan penyajian laporan kependudukan secara real time.

Sepanjang penulis ketahui sebagai relawan informasi desa, beberapa kali pihak pemdes ditawari aplikasi kependudukan yang berbayar, tapi karena belum adanya sumber daya keuangan yang cukup, dilihat dari alokasi ADD tahun-tahun sebelumnya yang secukupnya, maka tawaran-tawaran tersebut akhirnya ditolak. Dari sinilah penulis mencari informasi, adakah aplikasi kependudukan di desa yang bisa diperoleh secara gratis atau open source?

Dari beberapa aplikasi Free and Open Source Software (FOSS) yang dimungkinkan, mulai dari SIMDesa, SIPADE, SID atau SIDEKA yang kesemuanya "gratis", maka dipilihlah SID yaitu Sistem Informasi Desa yang bisa diunduh gratis setelah melakukan pendaftaran di http://sid.web.id.

Beberapa alasan dipilihkan SID, yang memiliki versi terakhir 3.04 antara lain:
- Terpadu, bisa sekaligus digunakan sebagai web desa.
- Mudah, karena berbasis web bisa diinstall di berbagai sistem operasi.
- User friendly, mudah dijalankan dengan tampilan yang sangat bersahabat dan informatif serta dilengkapi tutorial panduan penggunaan dari pengembang.
- Lengkap, mulai dari aplikasi surat menyurat desa (permohonan surat keterangan/ pengantar) yang sering diminta oleh warga sudah dijadikan template, fasilitas laporan kependudukan bulanan, dan pendataan melalui analisis yang bisa disesuaikan kebutuhannya, analisis warga penerima beras miskin misalnya.
- Detil, penggunaan database yang diaplikasikan ke dalam pencarian lebih memudahkan dalam mengetahui detil data kependudukan, mulai dari nomor induk kependudukan (NIK) sampai golongan darah bisa langsung diketahui dengan mudah.
- Hemat, Open source sehingga bisa didapat secara gratis jika dibandingkan dengan aplikasi berbayar maka bisa menghemat keuangan desa.

Harapan penulis, dengan digunakannya SID ini maka pelayanan kependudukan di lingkungan pemdes Jurangjero bisa berjalan dengan cepat, akurat dan manfaat sehingga Pemdes Jurangjero sanggup memberikan pelayan prima kepada warganya. Salam FOSS dari desa, merdesa! (gie/jr)
Comments
0 Comments

0 comments :


Follow Us

Recommend on Google

Berita Teratas