Wujudkan Masyarakat Desa Informasi

Jadwal PPDB Online SMA/SMK Klaten

Jadwal PPDB Online SMA/SMK Klaten
KLATEN, Sebanyak 26 SMA dan SMK di Klaten akan menggelar Penjaringan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2015/2016 secara online, mulai 22-26 Juni mendatang. Sebelumnya, panitia sudah mempersiapkan tenaga teknis yang akan menangani PPBD di tiap sekolah.

”Tahun ini, ada 26 sekolah terdiri atas 15 SMA dan 11 SMK negeri yang akan menggelar PPDB Online, 22 hingga 26 Juni 2015. Sekolah sudah menyiapkan tenaga teknis yang akan mendapatkan pembekalan dulu,” kata Kabid Perencanaan Dinas Pendidikan Klaten Tridoyo, seperti dikutip dari laman suaramerdeka.com.

Prosedur atau Tata Cara Pendaftaran PPDB
  1. Peminat harus melakukan pendaftaran manual pada sekolah yang diinginkan.
  2. Petugas sekolah tersebut akan memasukkan data calon siswa pada sistem yang ada di website klaten.siap-ppdb.com.
Maka secara otomatis akan terlihat peringkat siswa dalam daftar peminat.

Dengan demikian, calon peserta didik bisa memantau secara langsung peringkatnya di sekolah yang dituju secara online melalui internet. Jadi tanpa menunggu pengumuman, dia sudah akan tahu apakah akan diterima atau tidak, dengan melihat peringkat dan jumlah kursi di sekolah yang tersedia.

Peraturan PPDB Online
Ada sejumlah aturan main yang harus dipatuhi para calon peserta didik saat mendaftarkan diri pada PPDB online, yaitu:
  1. Setiap siswa hanya diperbolehkan memilih dua sekolah peserta PPDB online SMA.
  2. Sedangkan untuk SMK, calon siswa hanya bisa memilih dua jurusan pada satu sekolah.

”Bila seorang peserta tidak bisa masuk pada dua sekolah pilihannya, maka dia bisa mendaftar ke sekolah lain bila pendaftarannya masih terbuka,” tegas Tridoyo.

Kepala SMAN 1 Klaten Kawit Sudiyono menyatakan sudah siap menggelar PPDB online dan sudah melakukan beberapa persiapan untuk penjaringan secara online. Tenaga teknis dari SMAN 1 akan mengikuti pembekalan tentang PPDB online di kantor Dinas Pendidikan Klaten, Rabu (3/6).

”Tahun lalu, peringkat terbawah di SMAN 1 Klaten mempunyai skor 37,75. Tahun ini, kami akan menerima 11 rombongan belajar (rombel) atau kelas, masing-masing terdiri atas 32 siswa. Total ada 9 kelas jurusan IPA dan 2 kelas IPS. Saat ini, kami sedang membenahi brosur penerimaan siswa,” tegas dia.
Comments
0 Comments

0 comments :


Follow Us

Recommend on Google

Berita Teratas