Wujudkan Masyarakat Desa Informasi

Manusia - Manusia Tanpa Hutang (4)

Dan saya kewalahan menjawab serbuan chat yang masuk di FB messenger, gileeee ah kalian, 80% curhat pusing pada gak bisa bayar hutang.. Dari yang hutang motor sampai yang asset rumahnya mau dilelang.
Maafkan kalo tidak bisa kejawab semua..

Lanjut?

Kawanku pusing 9 keliling, hutangnya 6 Milyar lebih. Bisnisnya maju di Jogja, rame jadi tempat anak muda nongkrong dengan omzet 15jtan sehari. Tapi hutang sebanyak itu jelas-jelas jadi beban, ketika membuka cabang baru suntikan dana diambil dari bank, beban pun nambah.

Ramadhan tahun lalu dia memilih untuk melakukan Riyadoh.. Bahasa gaulnya adalah "Berolahraga kepada Allah" hehe

10 hari terakhir full di masjid jarang pulang, yang dilakukan hanya sholat, ngaji, sholat lagi, zikir, ngaji... Sholat lagi, ngaji lagi.. Zikir lagi.. Tanpa henti, dihajaaarrrr terus!

Doanya cuma satu: "Ya Allah bebaskan saya dari hutang.."
Ramadhan berlalu, belum ada keajaiban yang terjadi.. Sampai akhirnya dua bulan kemudian dia bertemu dengan kawannya yang datang dengan ibunya di kafe yang dimilikinya.

Celingak-celinguk.. Ngobrol sana sini.. Panjang-lebar kali tinggi..

Si ibu ngomong:
"Bisnismu bagus nih, rame yaa.. Saya mau kamu join di bisnis saya. Kebetulan saya punya kebun coklat luas di Papua, selama ini saya ekspor ke luar negeri.
Bisa enggak kamu buatin pabriknya di Jogja, biar gak usah ekspor ke luar negeri, saya modali kamu yang mengelola.."

Kawanku ngomong:
"Saya sih bersedia aja bu, tapi ada syaratnya.. Saya ingin hutang saya lunas sebelum join dengan ibu"
"Berapa sih hutangmu?"
"Sekitar 6 Milyaran bu.."
"Baik saya lunasi, share saham saja ya dengan usahamu ini.."
Jreng!! Jreng!!

Begitulah ketika Allah sudah memudahkan.. min haitsu la yah tasib (dari jalan yang tidak terduga-duga)

Kalo denger ceramah AA Gym yang terbaru begitu menggedor-gedor hati: "gak ada gunanya kita bersandar pada manusia, kita punya hutang mau nutup hutang dengan berhutang pada orang lain? sudah masalah gak selesai harga diripun tergadai! Pasrahkan pada Allah semuanya.. Yakin se yakin-yakinnya! Allah yang bakal beresin.. Hanya dia Yang Maha Pemilik Solusi"

Naaah.. Bentar lagi Ramadhan, yang masih belum lunas hutangnya kesempatan nih.. Minta solusi langsung pada Yang Maha Kaya! Hajaaarrr! Aku juga mau ikutan aah.. Hehe

Ada yang bertanya, mas kalo kita jual asset terus orang-orang memandang kita bangkrut bagaimana?
"Gak masalah kita bangkrut dalam pandangan manusia, yang penting kita gak bangkrut dalam pandangan Allah.. Dan kita juga gak bangkrut di akherat nanti. Gak usah pedulikan omongan orang, bersihkan diri bareng-bareng, mulai bisnis lagi dengan cara-cara yang lebih Allah ridhoi tanpa harus menumpuk hutang disana-sini.. Biar selamat dunia akherat.."

Kidung Doa Iwan Fals yang dinyanyikan tanpa alat musik di album Suara Hati itu begitu menggugah hati.. Yang pernah dengar resapi syair sederhananya:

"Berdoalah sambil berusaha..
Agar hidup jadi tak sia-sia..
Badan sehat.. Jiwa sehat..
Hanya itu yang KAMI MAU...
Hidup berkah penuh gairah..
Mudah-mudahan Allah setuju.."

Adeeeeem..
@saptuari 
Sumber: Belajar Wirausaha Bareng Saptuari
Comments
0 Comments

0 comments :


Follow Us

Recommend on Google

Berita Teratas